Friday, April 6, 2012

0
Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci

Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Lengkap. Sejarah SMAN 1 Pangkalan Kerinci. Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Terbaru. Halo semuanya, hari ini dhika akan berbagi informasi tentang Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Sekolah SMA N 1 Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau berdiri sejak tahun 1987 dengan kepala sekolah pertama SYAMSUL KAMAL dan kemudian digantikan oleh Drs.UMAR DAIRI dan selanjutnya digantikan oleh Drs.Darisman.M.Pd Sejak tahun 1999 sampai sekarang.  


Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci
 

Logo SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci :



Logo SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci


SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci dengan visi “Terdepan dan Menjadi Teladan”, terus memancarkan sinarnya melalui prestasi siswa-siswinya mulai dari tingkat Kabupaten maupun tingkat Nasional dalam berbagai bidang. Hal ini tidak terlepas dari kepiawaian dari tenaga administrasi, guru hingga kepala sekolah. SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci terletak di Jalan Maharaja Indra pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau dengan Luas arel sekolah 29.000 m2.

Luas areal yang dimiliki sekolah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci ini adalah 2000m2 luas lahan yang sudah dibangun sampai saat ini luas 140.000m2 dengan jumlah kelas 24 ruang dan laboraterium 5 ruang, perpustakaan, ruang guru, BP,Aula, Kepsek, Osis dan Ruang olahraga.

 
Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci


SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci adalah salah satu sekolah menengah yang terletak di Pangkalan Kerinci dan berada di ibukota Kabupaten Pelalawan yang berdiri tahun 1986 yang lalu. Dalam usia 18 tahun sejak SMA ini didirikan banyak hal yang dihadapi sekolah ini dalam upaya untuk terus berkembang dan berbenah diri agar sekolah ini sejajar dengan sekolah – sekolah lainnya baik ditingkat Kabupaten maupun Propinsi.

Dengan merujuk kepada konsep pendidikan yang dikembangkan oleh Tim Broad Based Education Departemen Pendidikan Nasional ( 2002 ) bahwa pendidikan itu mempunyai pengertian yang sangat luas yang intinya adalah kecakapan hidup sebagai bekal bagi siswa agar siswa tersebut cakap mengenal dirinya, cakap berfikir, cakap sosial, cakap akademis, dan cakap vokasional.

Sejak tahun 2002, Sekolah SMAN 1 Pangkalan Kerinci merupakan Sekolah Berwawasan Keunggulan Kabupaten Pelalawan. Sebagai Sekolah berwawasan keunggulan, SMAN 1 Pangkalan Kerinci melakukan pembenahan dalam bidang sarana dan prasarana, proses pembelajaran, dan admintrasi sekolah.

Melalui program pembinaan bidang kesiswaan yang pada tahun pelajaran 2004/2005 terhadap siswa SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci yang berjumlah 768 orang, maka melalui proses pembinaan akan mengedepankan prinsip – prinsip edukatif, agamais, budaya dan etika moral (budi pekerti), yang dalam pelaksanaannya akan melakukan pembinaan  sesuai program yang secara kelembagaan terstruktur dan terkait dengan program – pragram lainnyua sehingga merupakan satu kesatuan yang menjadi fungsi dan tugas pengelola sekolah.

Suasana tenang dan udara yang segar jauh dari polusi, lingkungan yang ramah dan bersih dan terletak di pusat kota kabupaten Pelalawan menjadikan sekolah ini sebagai sekolah favorit dan terdepan. Sarana dan prasarana yang lengakap, internet unlimitied baik wireless dan wireline memungkinkan sekolah ini menjadi sekolah “CENTER OF EDUCATION EXCELLENT” di Kab. Pelalawan dan Riau umumnya.


Sebagai hasil dari pembenahan tersebut, pada tahun 2007, SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci dipercaya oleh Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen. Manajemen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional Jakarta sebagai salah satu dari 100 SMA/MA di Indonesia sebagai sekolah rintisan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL).


Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) ini merupakan salah satu upaya yang positif bagi dunia pendidikan kita dimana sekolah diberikan kesempatan untuk membekali peserta didik tentang pengetahuan dan sikap menghargai sumberdaya dan potensi yang ada di lingkungan setempat yang tidak terakomodir dalam Standar Isi (SI) mata pelajaran SMA. Hal ini juga sejalan dengan prinsip pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu dikembangkan sesuai dengan kondisi dan karakteristik daerah, sekolah, dan peserta didik. Oleh karena itu, dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri 1 Pangkalan kerinci memasukkan konsep-konsep Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal, baik terintegrasi dengan mata pelajaran yang relevan, keterampilan, muatan lokal, maupun pengembangan diri.


Dalam kurun waktu 2002 – 2007, berbagai prestasi diraih oleh siswa-siswi SMAN 1 Pangkalan Kerinci, baik bidang akademik mapun bidang non akademik, terutama pada tingkat kabupaten dan propinsi. Berdasarkan kemajuan tersebut, maka SMAN 1 Pangkalan Kerinci metargetkan pada tahun 2010 sebagai rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Untuk mencapai target tersebut, pada tahun 2007, SMAN 1 Pangkalan Kerinci sudah memulai program rintisan SBI pada kelas X sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 64 orang. Pada tahun 2008 program tersebut dilanjutkan, sehingga sekarang kelas yang dijadikan sebagai persiapan SMAN 1 Pangkalan Kerinci sebagai rintisan SBI sebanyak 4 kelas, yaitu kelas X dan XI masing-masing 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 128 orang. Pada tahun pelajaran 2009/2010, SMAN 1 Pangkalan Kerinci resmi ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan SMA sebagai salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Sejak dilaksanakannya program SMAN 1 Pangkalan Kerinci sebagai sekolah berwawasan keunggulan, sekolah rintisan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL), dan program menuju Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), serta didukung oleh hasil nyata berupa prestasi yang diperoleh siswa-siswa SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Menyebabkan SMAN 1 Pangkalan Kerinci menjadi tujuan utama tamatan SMA di Kabupaten Pelalawan, bahkan dari luar Kabupaten Pelalawan. Berdasarkan data keadaan siswa SMAN 1 Pangkalan Kerinci, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa-siswa tersebut yang masih tergolong miskin. Data tersebut diperkuat dengan banyaknya siswa yang menunggak kewajiban mereka. Hal ini tentu dapat mengganggu kelancaran kegiatan sekolah. Selain itu, juga dikuatirkan siswa-siswi tersebut mengalami putus sekolah. Untuk itu perlu bantuan dana dari pemerintah, salah satunya melalui Bantuan khusus Murid Miskin (BKMM). Oke.. Demikianlah informasi tentang
Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci dari saya. Semoga informasi ini bermanfaat buat sobat.
Oia Sob.. Jangan Lupa, Kasih Like FANSPAGE FACEBOOK-Nya Yaa... ^_^
Judul: Sejarah SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci
Rating: 100% based on 99992 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Hardika Bloggers

0 komentar:

Post a Comment

Di hardika[dot]com ini Anda bebas berkomentar sebagai Siapa Saja dengan Syarat sebagai berikut :

* Berkomentarlah dengan Etika yang Baik, Sopan dan Cerdas,
* Jangan mencantumkan Link apapun,
* Komentar yang Nyepam dan Promosi Iklan TIDAK AKAN SAYA PUBLISH !


Klik Suka, Ayo Update Berita Anda Disini